4/28/2020

25 tahun

25. Sekilas hanya sebuah angka. Tapi jika direnungi, memiliki banyak sekali warna, banyak sekali makna.

April selalu menjadi bulan yang paling aku suka, salah satu hari di antara 30 hari yang ada menjadi hari yang selalu spesial. Hari ulang tahun. Setiap orang punya definisi tersendiri tentang ulang tahun, setiap orang juga punya caranya tersendiri bagaimana cara menikmatinya.

Bagiku, ulang tahun adalah momen perenungan paling panjang tentang apa yang sudah dilalui dan target-target apa yang ingin dicapai kemudian. Banyak sekali hal yang perlu aku syukuri di usia ke-25 ini. Perjalanan mencari dan mengenali diri sendiri adalah perjalanan yang tidak berujung, setidaknya itu yang aku rasakan sampai hari ini. Semakin mengenal diri, semakin kita bisa menjaga diri dari hal-hal yang sewaktu-waktu bisa mengecewakan diri sendiri. Semakin mengenal diri, semakin kita bisa 'berkreasi' dalam menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Ulang tahun kali ini adalah ulang tahun paling ideal yang selalu aku impikan. Ulang tahun di rumah dan sendirian, hanya ditemani keluarga inti tanpa acara birthday surprise, yang sebetulnya gak begitu aku suka. Jadi makin banyak rasa syukurnya ketika punya banyak waktu untuk merenungi momen-momen yang tercipta. 

Dua hal yang paling aku syukuri satu tahun kebelakang. Pertama, aku akhirnya bisa bertemu dengan kesempatan untuk belajar di tengah lingkungan kerja akademik dan riset ekonomi. Kedua, aku bisa memperbaiki hubungan dengan orang terdekatku. Tidak ada yang lebih melegakan dari hal yang kedua.

Perjalanan satu tahun kemarin tidak bisa dibilang mudah. Jalannya terjal dan berliku. Banyak hal yang tidak menyenangkan namun ternyata jadi kesempatan untuk belajar. Banyak orang yang datang dan pergi. Kini, hal tersebut menjadi hal yang biasa. Saat ini rasanya ingin menjaga apa yang ada, berterimakasih kepada orang-orang terdekat yang selalu meluangkan waktunya untuk saling mengisi. Hari-hari selanjutnya, aku ingin belajar lebih banyak lagi. Belajar  dalam arti benar-benar belajar untuk penelitian, agar bisa jadi 'ahli' di bidang yang sedang dikerjakan, juga belajar dalam arti yang lebih luas. Belajar memahami, belajar menjadi orang yang lebih positif, belajar menghargai setiap hal yang dimiliki, belajar menjadi pribadi yang hangat dan baik. 

Bantu aku belajar, ya? :)

No comments:

Post a Comment